Sekilas Tentang DPRD

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tana Toraja adalah Lembaga perwakilan daerah yang yang berfungsi sebagai penyelenggara pemerintahan daerah Kabupaten Tana Toraja dan berkedudukan sebagai mitra kerja yang sejajar dengan pemerintah daerah.

Secara umum DPRD Kabupaten Tana Toraja adalah lembaga legislatif daerah yang mempunyai fungsi sebagai legislasi, yaitu membentuk Peraturan Daerah bersama Bupati, fungsi anggaran diwujudkan dalam menyusun dan menetapkan APBD bersama dengan Pemerintaha daerah Kabupaten Tana Toraja. Adapun fungsi pengawasan adalah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Undang-undang, Peraturan Daerah, Keputusan Bupati dan kebijakan-kebijakan lain yang ditetapkan oleh pemerintah daerah kabupaten Tana Toraja.

Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Tana Toraja sejak terbentuknya hasil pemekaran kabupaten yaitu Kabupaten Toraja Utara, telah mengalami berbagai perubahan, baik struktur maupun komposisi Anggota DPRD. 

Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja untuk periode 2014 - 2019 terdiri dari 30 Anggota DPRD yang terpilih melalui pemilihan umum legislatif Kab. Tana Toraja dan telah dilantik pada tanggal 26 September 2014, merupakan wakil dari semua wilayah pemilihan di kabupaten Tana Toraja dan anggota Partai Politik yang berkedudukan di wilayah pemerintahan Kabupaten Tana Toraja, yaitu terdiri dari :
  1. Partai Golongan Karya (Golkar) 7 (tujuh) orang.
  2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 4 (empat) orang.
  3. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 4 (empat) orang.
  4. Partai Nasional Demokrat (NasDem) 4 (empat) orang.
  5. Partai Demokrat 3 (tiga) orang.
  6. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) 3 (tiga) orang.
  7. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) 3 (tiga) orang.
  8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 2 (dua) orang.
Komposisi dan struktur Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja periode 2014 - 2019 adalah sbb:
  • Pimpinan DPRD terdiri dari 1 orang Ketua dan 2 orang Wakil Ketua.
  • Komisi terdiri dari Komisi I (9 orang), Komisi II (9 orang), dan Komisi III (10 orang).
  • Badan Pembentuk Peraturan Daerah terdiri dari 10 orang + Sekretaris DPRD.
  • Badan Kehormatan terdiri dari 3 orang + Sekretaris DPRD
  • Badan Anggaran terdiri dari 17 orang + Sekretaris DPRD
  • Badan Musyawarah terdiri dari 15 orang + Sekretaris DPRD
Pada periode 2014 -  2019 telah terjadi 4 (empat) Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja, antara lain:
  1. Fraksi PDI Perjuangan, Yohanis Lintin Paembongan, S.Th digantikan oleh Drs. Luter Sampe Patasik, dilantik pada tanggal 18 Desember 2015.
  2. Fraksi Demokrat, Victor Datuan Batara, SH digantikan oleh Alexander Pantan Ranteallo, dilantik pada tanggal 13 September 2016.
  3. Fraksi Golkar, Manga Rante Patila, SE digantikan oleh Nikodemus P. Mangera, SE, dilantik pada tanggal 30 Nopember 2016.
  4. Fraksi Gerindra, Johanis Amping Situru, SH digantikan oleh Lantjang Bombing Nampe, SH. M.Si, dilantik pada tanggal 13 Januari 2017.

Total Kunjungan