Rabu, 21 November 2018

PENYERAHAN NOTA KEUANGAN APBD 2019

Dengan telah disetujui dan ditandatanganinya Kesepakatan bersama antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Kabupaten Tana Toraja tentang Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara APBD Kabupaten Tana Toraja Tahun Anggaran 2019, maka Pemerintah Daerah melalui TAPD menindaklanjuti dengan membuat Nota Keuangan APBD Tahun Anggaran 2019 yang akan diserahkan oleh Bupati Tana Toraja pada Rapat Paripurna hari ini.
Dalam sambutannya, Bapak Bupati Ir. Nicodemus Biringkanae menyampaikan bahwa mekanisme perencanaan dan penyusunan dokumen anggaran diintegrasikan antara perencanaan dan penganggaran agar seluruh sumber daya yang tersedia dapat digunakan secara efektif, efisien dan seoptimal mungkin melibatkan partisipasi masyarakat dalam perumusan berbagai program dan kegiatan kedalam rencana kerja pemerintah daerah yang merupakan upaya untuk mencapai sasaran sesuai Visi dan Misi Pemerintah Daerah.
Nota Keuangan adalah merupakan catatan tertulis yang berisikan penjelasan mengenai hal-hal yang bersifat makro maupun yang bersifat teknis, baik menyangkut kebijakan maupun prioritas APBD serta estimasi penganggaran yang direncanakan. Dengan kata lain Nota Keuangan pada intinya memberikan gambaran/informasi secara umum terkait dengan penyusunan APBD baik menyangkut target pendapatan dan belanja, maupun menyangkut kebijakan dan prioritas dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019.
Bupati menambahkan, dalam pembahasan rancangan APBD Tahun Anggaran 2019 diharapkan kiranya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan dan beliau percaya bahwa, dengan kerjasama yang baik dan harmonis serta senantiasa bersinergi maka kita dapat berbuat yang terbaik untuk kemajuan masyarakat dan daerah Tana Toraja yang kita cintai bersama.
Setelah sambutan Bupati, dilanjutkan dengan acara penyerahan Nota Keuangan Ranperda tentang APBD Kabupaten Tana Toraja Tahun Anggaran 2019 oleh Bupati ke Ketua DPRD selaku Pimpinan DPRD Kabupaten Tana Toraja.
Sebelum menutup rapat, Ketua DPRD selaku Pimpina rapat mengharapkan peran aktif dari setiap anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja selama pembahasan baik pada tingkat Komisi-komisi maupun tahapan-tahapan dalam paripurna guna tercapainya target penetapan APBD yang kita inginkan. Di samping itu, diharapkan pula peran aktif dan kerjasama yang baik dari TAPD dan seluruh OPD agar dalam pembahasan pada tingkatan selanjutnya bisa diselesaikan dengan baik.

Share:

Total Kunjungan