Kamis, 22 November 2018

JAWABAN BUPATI TERHADAP PEMANDANGAN UMUM FRAKSI-FRAKSI TENTANG NOTA KEUANGAN RANPERDA APBD TAHUN ANGGARAN 2019

Tahapan dalam proses pembentukan APBD adalah melalui Pemandangan Umum Fraksi atas Nota Keuangan yang diserahkan ke DPRD untuk dibahas sesuai dengan tahapan yang ditetapkan. 
Untuk itu, dengan selesainya Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD kabupaten Tana Toraja dimaksud, dilanjutkan dengan Jawaban Bupati terhadap Pemandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap Nota Keuangan tentang Ranperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tana Toraja Tahun Anggaran 2019.
Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Andareas Tadan, SE dari Fraksi Hanura. Hadir dalam Rapat Paripurna tersebut Bupati Tana Toraja Ir. Nicodemus Biringkanae didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dr. Ir. Semuel Tande Bura, MM.
Bupati Tana Toraja secara langsung menanggapi Pemandangan Umum yang memuat catatan-catatan berupa saran dan masukan dari setiap Fraksi DPRD yang telah disampaikan sebelumnya.
Bupati menyampaikan bahwa secara umum Pemandangan Fraksi-fraksi merupakan sebuah pemandangan yang dinilai akan sangat positif bagi peningkatan kualitas performa APBD kita khususnya pada APBD yang sementara dalam tahapan-tahapan pembahasan saat ini. Bupati menyampaikan Jawaban Pemandangan Umum Fraksi-fraksi sebagai berikut:
  1. Tim Anggaran Pemerintah Daerah dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019 selalu memperhatikan landasan hukum dalam pelaksanaannya, antara lain Permendagri 21 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua Permendagri 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah dan Permendagri 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2019. Terkait sinkronisasi rancangan APBD dengan RKPD, TAPD telah melakukan asistensi terhadap RKA belanja langsung dan Belanja Tidak Langsung masing-masing OPD dengan memperhatikan keterkaitan program dan kegiatan yang direncanakan dengan RKPD pada tahun 2019;
  2. Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019 selalu berdasarkan prinsip efisiensi, ekonomis, efektif, transparan, partisipatif, bertanggungjawab.
  3. Pemerintah Kabupaten Tana Toraja tetap berupaya mengoptimalkan pengelolaan Pendapatan Asli Daerah dan konsistensi melakukan Intensifikasi dan Diversifikasi serta melakukan sosialisasi tentang ketaatan dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi sehingga target Pendapatan Asli Daerah tercapai. TAPD menyusun target pendapatan berdasarkan pertimbangan realisasi  dan rancangan pelaksanaan kegiatan yang menghasilkan pendapatan. Target penerimaan Jasa Giro dan Bungan Deposito dibuat berdasarkan strategi pelaksanaan yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah. Terkait dengan penerimaan bagi hasil laba (deviden Bank Sulselbar), pemerintah daerah memiliki pertimbangan karena kinerja kita dalam mendukung perkembangan Bank Sulselbar dan peningkatan himpunan saham pemerintah Kabupaten Tana Toraja sampai dengan 26 milyar rupiah.
  4. Dari sisi belanja, pengeluaran pemerintah daerah berperan untuk mempertemukan permintaan masyarakat dengan penyediaan sarana dan prasarana  yang selalu menoleh kebawah atas kebutuhan rakyat, bukan menoleh keatas karena keinginan, sedangkan pengeluaran pemerintah itu sendiri tidak begitu saja dilaksanakan oleh suatu pemerintah daerah, tetapi harus direncanakan terlebih dahulu.
Diharapkan bahwa dengan sisa waktu yang ada, maka pembahasan terhadap rancangan APBD ini dapat dilakukan secara intens selama beberapa hari kedepan sehingga pada saatnya kita boleh menetapkan rancangan APBD dan masyarakat boleh menikmati apa yang telah kita susun bersama. Karena itu, karakteristik dari setiap program harus menjadi kajian yang serius bagi kita dengan mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia dan juga mempertimbangkan kondisi sosial kemasyarakatan di penghujung tahun akan lebih banyak disibukkan oleh berbagai kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, antara lain kita akan menghadapi Natal, Kemilau Toraja dan pergantian Tahun.
Terhadap berbagai harapan-harapan dewan yang terhormat, dalam pelaksanaan APBD pada prinsipnya kami terus akan melakukan pemantauan evaluasi sehingga semua ini dapat terealisir secara tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna sehingga akuntabilitas dapat terpenuhi dengan baik
Demikian juga pada prinsipnya kami sangat mendukung kiranya dalam pembahasan ini kita benar-benar melakukan kajian, analisis secara mendalam tentang penyusunan anggaran pada setiap OPD agar benar-benar dialokasikan secara cermat, tepat sasaran sehingga penyerapan anggaran mampu melahirkan efek positif dalam rangka menggerakkan roda pembangunan secara menyeluruh dan merata di Kabupaten Tana Toraja yang kita cintai ini.
Pada akhirnya kami berharap kiranya APBD yang telah kami sampaikan dapat dikritisi, dibahas dan diperkaya di dalam rapat-rapat kerja dengan seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah yang ada sehingga hasil dari pembahasan ini akan melahirkan sebuah produk Peraturan Daerah sesuai dengan harapan masyarakat dengan norma-norma perencanaan anggaran yang ada sehingga akan memudahkan kita dalam pelaksanaan anggaran dan pertanggungjawaban dari anggaran yang ada.
Sebagai penutup, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih atas segala masukan yang ada dan menyampaikan permohonan maaf atas keterbatasan dalam memberikan jawaban-jawaban atau tanggapan yang telah disampaikan.


Share:

Total Kunjungan