Senin, 18 Maret 2013

Pembukaan Pameran Photo Toraja Jaman Dulu dalam rangka 100 Tahun IMT

Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung membuka Pameran Photo Toraja Jaman Dulu yang di laksanakan di Kantor DPRD Kab. Tana Toraja. Pembukaan yang diawali dengan doa bersama itu dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Perayaan 100 Tahun Injil Masuk Toraja. “Ada 45 karya foto Toraja zaman dulu akan dilelang saat penutupan peringatan 100 tahun IMT,” ungkap Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung. Theofilus mengatakan, 45 karya foto Toraja zaman dulu yang akan dilelang itu saat ini sedang dipamerkan di Gedung DPRD Tana Toraja. Puluhan karya foto itu merupakan koleksi dari salah satu museum di Leiden, Belanda.

Pengunjung pameran bisa melihat karya foto Toraja masa lalu mulai dari kondisi daerah, kondisi alam, bangunan asli rumah adat Toraja, hingga perkembangan peradaban masyarakat Toraja mulai dari tahun 1911-1958. Bahkan, saat pameran berlangsung sudah ada masyarakat yang berminat memiliki karya foto tersebut dan menawar Rp15 juta per foto.

Hasil lelang karya foto itu akan disumbangkan untuk kepentingan pembinaan masyarakat Toraja. “Hasil lelang 45 karya foto itu masih sedang dipikirkan. Tentu sebagian untuk membayar royalti. Sisanya untuk kepentingan masyarakat Toraja,” ujar Bupati.

Dikatakan Theofilus, karya foto itu sengaja dipamerkan kepada publik agar masyarakat bisa mengetahui peradaban orang Toraja mengalami perkembangan yang sangat pesat mulai dari zaman dulu hingga sekarang. Dengan melihat foto itu bisa menjadi bahan renungan bagi masyarakat bagaimana kondisi Toraja masa lalu dengan kondisi Toraja saat ini. “Karya foto yang dipamerkan juga membuktikan bahwa orang-orang Toraja adalah visioner, intelektual, dan cerdas,” katanya.

Bupati mengaku saat ini memiliki koleksi foto Toraja masa lalu hingga 1.111 foto. Bahkan ada beberapa koleksi karya fotonya yang menggambarkan Toraja pada 1800-an. Dirinya masih berburu koleksi foto Toraja masa lalulainnya hingga jumlah koleksi fotonya mencapai 2.000 foto. Koleksi foto Toraja pada tahun 1800-an itu rencananya akan dipamerkan lagi saat ulang tahun Kabupaten Tana Toraja pada Agustus mendatang.

“Saya punya cita-cita memiliki koleksi foto Toraja masa lalu hingga 2000 foto. Tentu tidak mudah mendapatkannya karena harus mencarinya beberapa lama,” katanya.





Share:

Total Kunjungan